728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, February 18, 2015

Tips Cerdik Pilih Telur Asin yang Masir



 Telur asin (Foto:Rotinrice)


Kichikopedia- TELUR asin asli memiliki cita rasa yang lezat, dengan tingkat keasinan yang seimbang. Karenanya Anda harus seksama dalam memilih telur asin, sehingga tidak salah membeli yang palsu.
Sebelum menikmati telur asin, sebaiknya kenali beberapa ciri khusus agar telur yang Anda beli adalah yang berkualitas baik. Chef Afrizal dari Jawa Dwipa Resort, Solo, Jawa Tengah, kepada Okezone, Rabu (17/2/2015), memberikan beberapa tips bagaimana cara memilih telur asin yang segar.
Direndam
Rendam telur asin di dalam air tawar atau air yang sudah diberi sedikit garam, atau sekira 10 persen. Jika telur asin tenggelam, artinya, telur masih dalam keadaan segar. Sebaliknya, bila telur asin sedikit terapung, maka kantong udara di ujung telurnya membesar, artinya, telur asin sudah terlalu lama disimpan. Sedangkan kalau telurnya melayang dalam larutan air maka telur sudah rusak. Jika menemukan telur yang mengapung sebaiknya jangan dikonsumsi karena telur tersebut dapat dipastikan sudah tidak segar.
Warna kulit
Perhatikan pula warna kulit telur asin. Pilih warna kulit telur asin yang cerah dan bersih. Telur asin yang kurang bagus, warna kulitnya agak buram, kecokelatan, serta muncul bintik-bintik hitam. Ini biasanya disebabkan pertumbuhan jamur.
Dibelah
Telur asin yang baik, akan terlihat jika sudah dibelah. Ketika dibelah, perhatikan warna putih telurnya. Telur asin yang bagus, putih telurnya terlihat cerah dan bersih. Untuk kuning telurnya, kuning telur asin yang bagus terlihat berwarna kuning cerah atau sedikit agak berwarna oranye. Sedangkan yang kurang bagus terlihat kuning kusam, dan ada warna kehitaman. Telur asin yang bagus juga tidak kenyal, dan mudah diiris, namun kadang menempel pada kulit telur bila dikupas. Tekstur telur asin yang baik adalah yang masir. Masir berarti bila dicicip telur akan berbulir seperti pasir.

sumber: okezone.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Cerdik Pilih Telur Asin yang Masir Rating: 5 Reviewed By: Unknown