728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, February 19, 2015

Trik Jitu Masak Daging agar Empuk



 Tips memasak daging agar empuk (Foto:Shutterstock)


Kichikopedia- MAKAN hidangan berbahan daging, yang paling enak adalah ketika tekstur daging tidak keras alias empuk. Agar daging empuk, maka ketika memasaknya, Anda bisa melakukan sejumlah hal, seperti memukul-mukul daging.
Daging merupakan salah satu bahan baku yang sering digunakan dalam mengolah masakan. Daging sapi atau daging kambing terkadang memiliki tekstur yang tidak selalu sama. Hal ini terjadi karena dipengaruhi dari letak asal daging itu sendiri. Bagian yang memiliki kualitas paling baik adalah bagian has dalam, namun harga yang dipatok untuk bagian daging ini juga sangat mahal.
Untuk menyiasati agar masakan yang menggunakan bahan baku daging memiliki rasa dan tekstur yang empuk, beberapa trik ini bisa Anda terapkan. Berikut trik yang diberikan Chef Andreas, chef Green Terrace Cafe, Jakarta, kepada Okezone, Kamis (19/2/2015).
Gunakan bahan alami
Salah satu trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat daging sapi atau daging kambing empuk adalah dengan membubuhkan beberapa bahan alami yang berfungsi untuk melunakkan daging. Beberapa bahan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda seperti teh hitam, larutan cuka, air perasan jeruk lemon, dan parutan jahe segar.
Pukul-pukul daging
Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan memukul-mukul daging. Daging yang sudah dipotong menjadi bagian yang lebih kecil bisa dipukul-pukul menggunakan alat pemukul daging. Jangan memukul daging terlalu kencang karena justru akan membuat daging hancur.
Masak yang lama
Untuk jenis daging tertentu yang memang memiliki tekstur yang keras bisa disiasati dengan cara memasaknya dalam waktu yang lama. Proses pemasakan yang lama ini membuat serat dan otot daging menjadi lunak. Selain untuk membuat daging empuk, proses pemasakan yang lama juga membuat bumbu akan lebih meresap.

sumber: okezone.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Trik Jitu Masak Daging agar Empuk Rating: 5 Reviewed By: Unknown