728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, February 18, 2015

Tradisi Melepas Burung Pipit saat Perayaan Imlek



 Tradisi melepas burung pipit saat perayaan Imlek (Foto: Omkicau)


Kichikopedia- SELAIN bagi angpao di perayaan Tahun Baru China atau Imlek, ada satu lagi tradisi yang dilakukan masyarakat Tionghoa saat Imlek, yakni melepas burung pipit.
Biasanya, masyarakat Tionghoa menjelang perayaan Imlek mengunjungi vihara atau klenteng untuk memanjatkan doa. Namun, beberapa dari jemaat melakukan tradisi melepas sekumpulan burung pipit di halaman vihara.
Seperti yang dilakukan beberapa jemaat di Vihara Dharma Bhakti yang merupakan vihara tertua di Jakarta, tepatnya di kawasan Glodok, Kota, Jakarta Barat, Rabu (18/2/2015).
Pantauan Okezone, sekumpulan burung pipit di dalam sebuah kotak persegi panjang dibawa oleh jemaat ke halaman vihara.
Selanjutnya, kotak tersebut dibuka oleh salah seorang jemaat hingga satu persatu burung pipit berterbangan ke angkasa.
Menurut Awai, salah satu pengurus di Vihara Dharma Bhakti, melepas burung-burung pipit ini memang memiliki makna dan sebuah harapan.
“Kita ini manusia yang harus bebas dari masalah, jadi melepas burung itu menandakan agar kita tidak terus terbelengu,” tutur Awai selaku salah satu pengurus kepada Okezone.
Namun, Awai mengatakan sebenarnya tradisi melepas burung pipit ini tidak hanya dilakukan jelang perayaan Imlek. Menurut Awai, melepas burung-burung pipit ini juga terkadang dilakukan di hari-hari biasa atau dalam kondisi tertentu.
“Misalnya kalau seseorang sedang mempunyai masalah tertentu, jadi dia melepas burung pipit agar tidak terus terbelenGgu,” tutupnya.

sumber: okezone.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tradisi Melepas Burung Pipit saat Perayaan Imlek Rating: 5 Reviewed By: Unknown